20 Agustus 2013

Akses ke Jurnal Internasional

Seluruh civitas academica STMIK SPB Airlangga dapat melakukan akses ke artikel-artikel ilmiah internasional dari 3 provider top dunia yaitu EBCSO Host, Gale Cengage Learning, dan ProQuest. Fasilitas ini sangat penting bagi seluruh dosen dan mahasiswa agar selalu berpikir dan bertindak secara ilmiah menggunakan referensi atau acuan yang terpercaya.

Gunakan fasilitas ini sebaik-baiknya untuk pembuatan skripsi, penelitian ilmiah lain, atau tugas-tugas mata kuliah. Kebiasaan untuk selalu membaca dan mengacu kepada hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukan para peneliti lain di seluruh dunia akan menghasilkan insan-insan cendekia yang mumpuni dan menghormati hak-hak intelektual pihak lain.

Berikut link akses ke 3 layanan database jurnal ilmiah internasional tersebut:
Untuk masuk/login ke layanan tersebut, dibutuhkan username dan login yang berganti secara berkala. Bagi civitas academica STMIK SPB Airlangga, dapat melihat username dan password [klik disini] - hanya bisa diakses menggunakan user Google Apps spb.ac.id atau student.spb.ac.id.

Mohon perhatian, informasi username dan password tersebut tidak boleh disebarluaskan dengan metode yang terbuka dan dapat dilihat oleh semua orang secara bebas. Hanya dapat digunakan oleh kalangan internal STMIK SPB Airlangga.

Informasi Singkat


EBSCO Publishing adalah aggregator content full-text premium. Core bisnis EBSCO Publishing adalah menyediakan database online melalui EBSCO Host ke perpustakaan di seluruh dunia. EBSCO Host digunakan oleh perpustakaan, institusi akademik, institusi medis dan perusahaan. Kantor pusatnya berada di Ipswich, Massachusetts. Perusahaan ini adalah bagian dari EBSCO Industries.

EBSCO menyediakan berbagai konten, termasuk-text jurnal lengkap, majalah, buku, monograf, laporan dan publikasi berbagai jenis lainnya. EBSCO juga menyediakan database untuk referensi ke dan bisnis sektor kesehatan, seperti Dynamed.

EBSCO Host Research Databases adalah sistem referensi dan informasi ilmiah yang dapat diakses secara online. EBSCO menyediakan akses ke berbagai database yang menyediakan informasi ilmiah dalam bentuk fultext maupun sekedar informasi bibliografis dalam berbagai bidang ilmu. Database EBSCO yang umumnya dilanggan oleh perguruan tinggi adalah: 
  • Academic Search Premier: Merupakan database akademins untuk multidisiplin yang menyediakan kurang lebih 4,650 terbitan berkala. Database ini diperbarui setiap hari melalui EBSCO Host.
  • Biomedical Reference Collection: Database bidang kedokteran yang didesain untuk dokter, peneliti, mahasiswa, ahli klinis, dan manajer. Database ini setidaknya menyediakan 900 jurnal full text.
  • Business Source Premier: Database yang diperuntukkan bagi penelitian bidang bisnis dan ekonomi yang memberikan akses ke dalam lebih dari 8.800 terbitan berkala. Database ini mencover seluruh bidang dalam bisnis termasuk pemasaran, manajemen, sistem informasi manajemen, POM, akuntansi, keuangan.


CENGAGE adalah sebuah perusahaan yang memberikan solusi baik bagi person maupun institusi seperti universitas, instruktor, siswa, perpustakaan, agensi pemerintahan, perusahaan hingga kegiatan professional diseluruh dunia.



ProQuest adalah sumber daya elektronik berisikan koleksi jutaan dokumen yang secara orisinil dipublikasikan di majalah, koran dan jurnal. Anda dapat melihat koleksi dokumen tersebut untuk subjek-subjek yang menarik bagi Anda, khususnya untuk kegiatan yang berhubungan dengan penelitian atau tugas perkuliahan Anda.