18 Maret 2014

Panduan Searching/Pencarian di Jurnal Internasional

Pencarian (searching) dari database jurnal internasional seperti EBSCO Host, Gale Cengage Learning dan ProQuest membutuhkan keahlian khusus agar bisa mendapatkan informasi atau data yang kita butuhkan. Berikut petunjuk pencarian 3 database jurnal ilmiah internasional yaitu EBSCO Host, Gale Cengage Learning dan ProQuest yang dipakai oleh STMIK SPB Airlangga sebagai sumber referensi (Sumber: Perpustakaan Unhas).

EBSCO Host

Pencarian dengan Basic Search

Langkah pertama pencarian dengan basic Search. Ketikan kata kunci, untuk mempersempit pencarian klik pada search options yang menampilkan berbagai pilihan tambahan filter yang bisa digunakan.

Pencarian dengan Advanced Search

Selain menuliskan kata kunci di kotak kosong pencarian, pemakai dapat memilih salah satu field (berada di sebelah kanan kotak kosong) yang disesuaikan dengan kata kunci tersebut.

Pencarian dengan Subject Search

Klik subject di bagian atas kemudian pilih subject berdasarkan database yang ada. kemudian baru ketikkan subjek yang akan dicari.

Pencarian dengan Publication Search

Klik publikasi di bagian atas kemudian pilih publikasi berdasarkan database yang ada. Kemudian baru ketikkan publikasi yang akan dituju.

Gale Cengage Learning 

Pencarian dengan Basic Search

Ketikkan kata kunci dimana termasuk subjek, kata kunci atau tersirat ke dalam keseluruhan dokumen serta dapat mempersempit pencarian dengan membatasi hasil pada data yang tersedia dalam bentuk Full Text, dari sisi waktu penerbitan serta hasil pencarian jurnal yang diulas.

Pencarian dengan Subject Guide Search

Ketikkan kata kunci kemudian hasil yang didapatkan berupa keterangan subjek tersebut serta dapat juga di spesifikasikan untuk pencarian yang lebih fokus / dipersempit.

Pencarian dengan Publication Search

Apabila Pemakai mengetahui nama jurnal yang diinginkan, dapat digunakan cara pencarian ini. Dengan meng-klik pada nama jurnal maka akan ditampilkan urutan edisi publikasi yang tersedia.

Pencarian dengan Advanced Search

Pemakai dapat memilih kategori dari kata kunci yang diketikkan apakah mencakup pencarian di filed tertentu, seperti judul artikel, pengarang atau filed lainnya. Dari hal tersebut pihak pengguna dapat memaksimalkan hasil agar mendapatkan artikel yang tepat.

Jenis Publikasi Hasil Pencarian

Tampil layar pencarian akkan menghasilkan berbagai macam bentuk artikel, yaitu: semua sumber, jurnal ilmiah, majalah, berita, buku, multimedia, dan bentuk artikel lainnya yang tersedia, Pengguna dapat melimitasi pencarian dengan klik pada salah satu tab tersebut.

ProQuest

Pencarian dengan Advanced Search

Dalam pencarian dengan Advance Search, pemakai dibantu penggunaan boolean operatornya dengan fasilitas yang tersedia pada layar dimana bisa dipilih boolean operators dan search fields (misalnya author, subject dsb) yang akan digunakan dalam pencarian ini, sehingga kriteria pencarian dapat dibuat sangat fokus dan terperinci dengan sangat mudah.

Pencarian dengan Topik Search

Setelah menuliskan kata kunci, pemakai akan mendapatkan berbagai hasil topik yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Setiap hasil topik dapat langsung ditampilkan hasilnya atau dapat dipersempit kembali hasil pencarian tersebut.

Pencarian dengan Publication Search

Untuk pemakai yang telah mengetahui nama jurnal yang diinginkan, maka dapat mempergunakan cara pencarian ini. Pemakai dapat meng-klik pada salah satu jurnal dan akan ditampilkan edisi (issue) yang tersedia dalam publikasi tersebut.

Bantuan usulan topik dan keywords (ProQuest Smart Search)

Teknik Pencarian ProQuest Smart Search menyediakan filter pencarian sampai sangat terperinci, sebagai contoh setiap kata kunci yang digunakan akan muncul topik yang disarankan. Hal ini akan sangat memudahkan pemakai dalam mencari artikel yang diperlukan.

Jenis Publikasi Hasil Pencarian

Tampilan layar pencarian akan menghasilkan berbagai macam bentuk artikel, yaitu: semua sumber, jurnal ilmiah, majalah, publikasi asosiasi, koran, referensi/laporan, dan bentuk artikel lainnya yang tersedia. Pemakai dapat melimitasi hasil pencarian dengan klik pada salah satu tab tersebut.

Menampilkan Artikel Hasil Pencarian

Pemakai dapat mengklik hasil pencarian pada judul artikel atau dapat langsung mengklik pada format artikel yang tersedia yaitu, full text, text + graphic atau PDF file (yang akan di dowload).